Sunday, March 5, 2017

Fallout 4 : Siap-siap Berjuang Di Dunia Apocalypse Yang Penuh Petualangan

Fallout 4 : Siap-siap Berjuang Di Dunia Apocalypse Yang Penuh Petualangan


Satu lagi game role play action yang bertema apocalypse pasca perang nuklir yang dilepas di pasaran. Fallout 4 merupakan seri keempat dari Fallout Series yang dikembangkan oleh Bethesda Game Studio dan dipublikasikan pada tanggal 10 November 2015 oleh Betehesda Softworks. Game ini pertama kali diumumkan keberadaannya pada bulan Juni 2015 dalam event Electronic Entertainment Expo 2015. Platformnya sendiri sudah tersedia untuk Microsoft Windows dan untuk game console PlayStation 4 dan Xbox One. Baru saja diluncurkan, Fallout 4 sudah menerima banyak komentar yang cukup beragam mulai dari pujian untuk kebebesan pemain, setting dunia yang dalam, cerita, karakter, serta soundtrack yang mengesankan, sampai ke kritik untuk masalah teknis. Berikut adalah review lengkapnya.

Quest yang Tidak Pernah Berakhir

Peta dunia Fallout 4 dibuat sangat luas dan disuguhkan dengan pemandangan pasca-apocalypse yang sunyi tetapi juga hidup dengan adanya mutants dan sebagainya. Memainkan game ini sampai selesai sepertinya kamu membutuhkan banyak waktu luang karena quest yang terus berdatangan dan seperti tanpa ada akhirnya. Bahkan ada beberapa review yang mengklaim bahwa game ini bisa diseleisaikan dalam waktu 400 jam. Jauh lebih lama dibandingkan dengan Baldur’s Gate II yang memakan waktu 250 jam untuk menyelesaikannya. Tidak hanya waktu main yang panjang, tetapi Fallout 4 diklaim sebagai questing terbesar yang pernah dibuat oleh Bethesda.

Pasca Bom-Bom Nuklir Dijatuhkan

Setting waktu untuk Fallout 4 ini adalah tahun 2287 di mana 210 tahun lalu dijatuhkan bom-bom nuklir tepatnya pada tanggal 23 Oktober 2077 yang merupakan puncak dari Perang Dunia III yang memperebutkan sumber daya alam bumi. Game ini memiliki plot sekitar 10 tahun setelah peristiwa pada Fallout 3. Untuk setting tempatnya, Fallout 4 mengambil sebagian area dari Boston, Massachusetts, dan juga New England yang disebut dengan The Commonwealth.

Cerita berawal dari karakter yang kamu mainkan bersama dengan pasanganmu berusaha untuk masuk ke dalam bunker perlindungan ketika serangan bom nuklir mulai datang pada tanggal 23 Oktober 2077. Di dalam bunker tersebut, kamu dan banyak warga lainnya masuk ke dalam tabung cryosleep dan terbangun lebih dari 200 tahun kemudian. Ada orang-orang asing yang membangunkan cryosleep kalian dan berusaha untuk mengambil anakmu yang bernama Shaun. Pasanganmu dan banyak orang lain lainnya tewas dalam usaha penculikan ini dan cerita dimulai ketika karektermu bersumpah untuk mencari siapa yang membuka tabung cryo dan mengambil Shaun.

Cara Bercerita Terbaik

Meski baru diluncurkan beberapa minggu lalu, Fallout 4 sudah mendapatkan review yang positif baik dari kritikus game atau dari pemainnya sendiri. Baik versi PC, PS4, atau Xbox One, Fallout 4 mendapat rating rata-rata di atas 8 dari skala 10. Menurut para kritikus selain memang gameplay dan grafis yang masih memuaskan seperti pada seri game sebelumnya, kekuatan Fallout 4 terletak pada alur plot dan cara bercerita yang menarik. Cara Fallout yang merangsang pemain untuk berpikir dan menentukan jalan ceritanya sendiri juga yang membuat game ini meraih peringkat tinggi. Secara keseluruhan Bethesda berhasil untuk membuat game dengan sistem yang komplek dan sangat menarik untuk tipe RPG dan juga memberikan pengalaman gaming yang diramu dengan cantik dari awal sampai akhir.

Karakter-Karakter Pendamping yang Menarik

Bukan hanya quest dan pertempuran saja yang bisa kamu nikmati di game ini tetapi sepanjang perjalanan kamu akan berjumpa dengan banyak karakter yang menarik. Masing-masing karakter memiliki keunikan sendiri, dan dilengkapi dengan pengisi suara yang tidak setengah-setengah sehingga kamu akan betah berlama-lama mengobrol dengan karakter yang kamu temui di jalan. Bahkan ada pula beberapa karakter aneh yang bisa membuatmu geli meski suasana dalam game masih cukup mencekam. Intinya, kamu tidak akan bosan selama melakukan perjalanan.

Alur plot dan sudut pandang kamera yang bisa diubah antara orang pertama dan ketiga pada Fallout 4 membuat game ini terasa lebih personal dibandingkan seri-seri sebelumnya. Segala ketegangan mulai dari terburu-buru masuk ke bunker untuk selamat dari serangan nuklir sampai masuk ke ingatan orang lain akan membuat kamu semakin semangat menyelesaikan misi-misi yang ada dan melibatkanmu secara emosional.


SHARE THIS

Author:

Anak dari SMK Maskumambang 1 Dukun jurusan Teknik Komputer Jaringan yang memulai bisnis melalui Blog dengan berkelompok

0 comments: