Sunday, March 5, 2017

TP-Link NC200 Review, WiFi Cloud Camera Plus Range Extender

TP-Link NC200 Review, WiFi Cloud Camera Plus Range Extender


Dengan semakin meningkatnya tindak kriminalitas khususnya di daerah ibukota serta kota-kota besar lainnya, membuat semakin diperlukannya tambahan perangkat-perangkat keamanan, seperti alarm dan kamera CCTV yang sudah banyak digunakan di gedung-gedung maupun rumah-rumah pribadi.

Tim seputarteknologi.com akan membahas salah satu produk terbaru dari TP-Link, yaitu TP-Link NC200, Wifi Cloud Camera dengan Wifi Range Extender. Ya, sesuai namanya, kamera TP-Link terbaru ini merupakan kamera CCTV yang memiliki beberapa fitur unggulan sekaligus yang tidak dimiliki oleh kamera pengawas lain dengan harga yang sangat ekonomis.

TP-Link NC200 ini merupakan Wifi Cloud Camera, yang berarti kita tidak membutuhkan kabel ethernet untuk disambungkan, dan memang dengan kamera ini kita tidak perlu juga untuk menyiapkan perangkat khusus seperti DVR dan TV untuk merekam serta menampilkan gambar yang ditangkap oleh kamera, seperti pada kamera CCTV konvensional pada umumnya.

TP-Link NC200 menggunakan 1/4″ Progressive scan CMOS sensor dengan resolusi gambar VGA (600×480), pada siang hari gambar yang ditangkap oleh kamera ini tergolong sangat bagus, dan untuk malam hari dengan cahaya lampu minim masih bisa menangkap gambar dengan jelas, tentunya tidak sebaik kamera yang memiliki fitur infra merah.

Kamera ini langsung dapat bekerja hanya dengan menyambungkannya ke sambungan listrik, dan dengan menggunakan WiFi dengan kecepatan up to 300 Mbps, bisa langsung terkoneksi, anda hanya perlu menekan tombol WPS di tombol router WiFi anda dan di TP-Link NC200, maka akan langsung tersinkronisasi dan terkoneksi ke internet (dengan asumsi router anda sudah terkoneksi ke internet). Lalu anda akan langsung dapat melihatnya melalui komputer anda, maupun perangkat mobile anda pada Android dan IOS, anda hanya perlu mengunduh dan meng-install aplikasi tpCamera dan menjalankannya, anda sudah dapat memantau kondisi rumah atau gedung anda dari mana saja melalui aplikasi tersebut.

Untuk penyimpanan / recording, akan dilakukan ke storage internal yang ada, kalau di komputer maka akan langsung disimpan ke Hard Disk, dan kalau di perangkat mobile juga akan disimpan di penyimpanan internal yang ada, jadi sangat praktis dan tidak memerlukan perangkat tambahan.

Selain itu, TP-Link NC200 ini mempunyai fitur deteksi gerakan, sehingga jika terdeteksi adanya gerakan, misalnya ada penyusup masuk ke rumah anda, kamera ini akan mengambil foto dan mengirimkan notifikasi besera fotonya melalui e-mail atau FTP.

Lalu fitur yang tidak kalah bagusnya adalah kamera ini juga dapat berfungsi sebagai WiFi Range Extender, yang dapat memperluas jangkauan WiFi HotSpot anda, yang jika membeli terpisah sebuah Range Extender memiliki harga hampir sama dengan harga kamera TP-Link NC200 itu sendiri.




Dengan fitur yang komplit tersebut apakah anda mengira harga kamera ini mahal sampai jutaan ?, tidak, TP-Link NC200 dijual di kisaran harga 400 ribuan (bisa berbeda tergantung toko penjualnya), dan jika sedang ada promo anda bisa mendapatkannya dengan harga dibawah 400 ribu, seperti yang saat ini sedang berlangsung di beberapa toko online terkemuka.

Kami sudah mencoba menggunakan kamera ini, dan hasilnya sangat memuaskan. Seperti yang sudah dijelaskan, untuk setting awal hanya cukup menekan tombol WPS di router dan tombol WPS di kamera, maka sudah langsung terkoneksi. Selanjutnya tinggal login dari web di PC atau dari aplikasi di smartphone, kita sudah dapat memantau daerah yang ingin dipantau. Ketika mencoba fitur Cloudnya, kita hanya perlu mendaftarkan device tsb ke akun Cloud TPLink kita, maka sudah dapat memantau kamera ini dari mana saja melalui internet, lebih mudah dibandingkan dengan IP Camera.

Hasil kamera di siang hari sangat jernih, dan di malam hari cukup lumayan dengan hanya diterangi oleh lampu LED. Fitur Range Extender untuk memperluas jangkauan WiFi dan fitur Motion Detection untuk mendeteksi adanya gerakan dan mengirimkannya ke e-mail atau FTP kita juga berjalan dengan baik.

Dengan harga yang sangat terjangkau tersebut, kamera ini tidak kalah dengan kamera seharga jutaan yang memiliki fungsi yang sama, bahkan kamera ini bisa dikatakan lebih unggul di beberapa fitur yang ada. Jadi, jika anda membutuhkan kamera pengawas yang simpel dan praktis dan tidak perlu bantuan teknisi, anda bisa mempertimbangkan dan mencoba kamera terbaru dari TP-Link ini.

SHARE THIS

Author:

Anak dari SMK Maskumambang 1 Dukun jurusan Teknik Komputer Jaringan yang memulai bisnis melalui Blog dengan berkelompok

0 comments: