Wednesday, March 8, 2017

Troubleshooting Laptop

Troubleshooting Laptop


Kali ini saya ingin berbagi pengalaman seputar troubleshooting laptop dan notebook. permasalahan umum dan analisis solusinya 


1. Bau Asap
Biasanya berhubungan dengan sumber listrik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memeriksa sumber listrik laptop. Apakah laptop tersambung dengan adaptornya ? jika ya, segera cabut adaptor. Lalu coba nyalakan kembali laptop menggunakan baterai. Kalau menyala, masalah disebabkan oleh adaptor laptop. Barangkali adaptornya sudah dalam kondisi yang buruk. Bisa juga karena tegangan yang dikeluarkan adaptor melebihi batas kemampuan laptop sehingga menimbulkan konslet pada komponen laptop.

2. Suhu Ruangan
Cek suhu ruangan. Apakah berada di ruangan bertemperatur tinggi ? Apa laptop terkena langsung sinar matahari ? kalau iya, bisa jadi laptop mengalami panas berlebih. Solusinya, gunakan cooling pad atau pindahkan laptop ke ruangan yang lebih sejuk. Jangan letakkan laptop di atas permukaan yang lunak, seperti kasur, karena dapat menghambat energy panas yang dikeluarkan laptop melalui lubang sirkulasi udara. Panas yang seharusnya dibuang keluar oleh laptop tidak tersalurkan dengan baik. Laptop bisa saja tidak mau menyala, coba diamkan beberapa saat lalu nyalakan kembali.

3. Baterai
Jika sedang memakai baterai untuk laptop, cek suhu baterai ketika Laptop mendadak mati. Apakah panasnya berlebihan ? jika baterai terpasang bersama dengan adaptor laptop. Coba lepaskan salah satu. Laptop hanya ditenagai oleh baterai atau listrik dari adaptor. Isi baterai sampai penuh lalu gunakanlah kembali. Kalau baterai cepat habis, misalnya habis dalam waktu 10 sampai 30 menit dari kondisi penuh, kemungkinan baterai Laptop sudah bocor.

4. Kipas dan Harddisk tidak berputar
Kemungkinan kipas di dalam laptop rusak, sehingga terjadi panas berlebih. Cek lampu indicator yang ada di tombol power. Jika tidak menyala maka kemungkinan ada masalah pada baterai atau Laptopnya. Coba tes baterai dan adapter di laptop lain yang sejenis. Jika berfungsi dengan baik, maka ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama yaitu konektor DC yang ada pada laptop bermasalah, kedua kemungkinan motherboard laptop harus diganti.
5. Lampu menyala, LCD mati
Untuk kasus ini banyak kemungkinan, yang paling mungkin kabel konektor LCD kendor atau putus. Jika kendor atau tidak terpasang dengan baik, kencangkanlah konektor tersebut. Periksa juga koneksi kabel LCD. Gunakan multitester untuk mengetahui kondisi kabel. Apabila LCD tidak mau menyala walaupun kondisi kabel konektor LCD baik-baik saja, coba gunakan monitor eksternal untuk mencobanya. Apabila ada display dengan monitor eksternal, maka kemungkinan LCD monitor rusak. Gantilah dengan LCD yang baru, sebelumnya cek kompabilitas LCD nya.
6. Laptop menyala, layar tetap hitam
Coba tekan tombol pengatur cahaya yang ada pada keyboard laptop. Bisa saja masih diatur dalam keadaan gelap. Apabila tidak berhasil, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencoba masuk ke BIOS. Layar yang tetap hitam bisa gara-gara BIOS yang rusak, salah update BIOS bisa menjadi penyebab. Coba rollback ke versi sebelumnya. Selain masalah pada BIOS, bisa juga disebabkan oleh rusaknya kartu grafis laptop maupun RAM laptop dan rusaknya inverter lampu backlight yang tidak berfungsi.

SHARE THIS

Author:

Anak dari SMK Maskumambang 1 Dukun jurusan Teknik Komputer Jaringan yang memulai bisnis melalui Blog dengan berkelompok

0 comments: